Rabu, 15 November 2017

Tutorial Membuat Logo Apple Dengan Autodesk 3ds Max



Tutorial Membuat Logo  Apple Dengan Autodesk 3ds Max


  Untuk membuat logo Apple 3D sepert gambar berikut ini:





 Mari lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
 1.  Dalam membuat garis kita menggunakan Shapes lalu pilih Line yang berada pada grup Command Panel:
 2. Sebelum membuat garis kita aktifkan Autogrid nya, pada bagian Main Toolbar dengan meng-klik kanan bagian Snap Toggle seperti pada gambar berikut:
  Maka akan muncul seperti gambar berikut:

 Setelah memilih/mencentangnya close saja.
 3. Setelah itu baru kita buat objek garis pada bagian Front dengan membentuk pola sebagai berikut:
 4. Lalu kembali lagi pada bagian grup Comman Panel dengan memilih menu Modify
  lalu pilih pada bagian Line yaitu Vertex seperti gambar berikut ini:
 5. Setelah itu blok objek yang kita buat lalu klik kanan pilih Smooth seperti gambar berikut ini:
Maka objek tersebut akan berubah bentuk seperti gambar berikut ini:
6. Setelah objek menjadi seperti pada gambar langkah ke 5, langkah selanjutnya kita mirror kan/ meng-Clone kan dengan cara blok objeknya, lalu kebagian Main Toolbar dengan memilih menu Mirror:
Pada bagian Mirror Axis kita pilih X dan pada bagian Clone Selection kita pilih Copy setelah itu klik OK, maka akan menjadi seperti berikut:
 Setelah itu geser dan posisikan objek hasil Mirror tersebut dengan posisi sebagai berikut:

7. Kemudian kita kembali lagi pada bagian Modifier List tadi dengan memilih Attach:
Setelah memilih Attach kita arahkan pada objek yang belum mempunyai not/titik-titik pada objek tadi sampai muncul.
8. Langkah Selanjutnya adalah manggabungkan kedua buah objek tersebut, baik hasil Clone/Mirror ataupun hasil pembuatan dari awal dengan cara mem-blok semua objeknya, maka kedua objek akan tergabung/tersambung dengan sendirinya, seperti pada gambar berikut:
Cek terlebih dahulu apakah sudah tersambung atau belum, sebelum lanjut ke tahap berikutnya.
9. Untuk membuat agar Apple tersebut seperti habis tergigit, maka langkah awalnya kita buat lagi onjek lingkaran/Circle, setelah itu posisikan lingkaran tersebut seperti gambar berikut:
 10. Setelah itu kita Trim pada bagian tersebut dengan meng-klik kanan kedua objek tersebutlalu arahkan ke Convert To dengan memilih Editable Spline
 ingat lakukan hal tersebut pada kedua objek
11. Setelah itu kembali lagi ke Modifier List dengan memilih Spline lalu cari dan pilih Trim

Arahkan pada objek yang akan dibentuk seperti Apple yang sudah tergigit, Sehingga menjadi objek berbentuk seperti berikut:
Pastikan semua objek sudah tergabung dengan cara klik Vertex lalu Blok semua objek setelah itu pilih Weld, maka akan muncul not/ titik-titik pada objek seperti berikut:
 12. Untuk membuat daun nya kita gunakan Line lalu buat objek seperti berikut:

 untuk merapikan nya, kita ulangi pada langkah ke-5 dengan memilih Smooth, maka objek akan berubah bentuknya menjadi seperti berikut:
13. Langkah selanjutnya kita pilih salah satu objek baik Apple ataupun Daun nya dengan cara ke Modifier List pilih Vertex dan selanjutnya pilih Connect. Langkah ini berguna agar nanti jika objek akan di Extrude tidak akan bolong, maka salah satu objek akan muncul not/titik-titik sebagai berikut:
Lakukan dan ulangi langkah ini pada objek yang lain juga.
14. Setelah itu kita Blok semua objek, lalu cari dan pilih Extrude pada bagian Modify seperti berikut ini:

Setelah itu atur Amount pada Parameters, sehingga objek akan berbentuk 3D seperti gb berikut:

untuk pertanyaan atau masukan bisa kirim ke email saya: dwiyoga.y23@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar